Minggu, 19 November 2017

Tugas Mata Kuliah Pengantar Manajemen dan Kewirausahaan






CAFE TERAPUNG IMPIAN DAN MAKANAN TRADISIONAL ZAMAN NOW


Dosen Pengampu : Dr. Selfi Budi Helpiastuti, M.Si
Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pengantar Manajemen dan Kewirausahaan

Disusun oleh :
1.      Afcalia Anggraeni                 (170910201009)
2.      Hanif Hidayattulloh              (170910201036)
3.      Laila Safira                            (170910201074)
4.      Pipin Ervina                          (170910201024)
5.      Wakhiduluil Firdausi            (170910201006)


Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
UNIVERSITAS JEMBER
2017/2018






PENDAHULUAN
Latar Belakang
Indonesia saat ini telah memasuki zaman globlisasi, yang diikuti dengan perkembangan di segala bidang. Gaya hidup masyarakat juga semakin berkembang karena tuntutan perkembangan teknologi. Dalam ilmu ekonomi, masyarakat yang selaku konsumen memiliki kebutuhan dan keinginan yang tidak terbatas namun tidak ddimbangi dengan alat pemuas kebutuhan yang sifatnya terbatas.
Kita selaku masyarkat yang juga memiliki keinginan yang tidak terbatas, menginginkan sebuah inovasi untuk memenuhi salah satu kebutuhan masyarakat, terutama kebutuhan anak muda yang menginginkan sesuatu yang berbeda dan belum ada sebelumnya. Disini kita merencanakan sebuah inovasi dalam bidang kuliner sekaligus wisata.
Rencana yang kita ambil ialah mendirikan sebuah cafe yang terletak terapung di laut dengan menu yang kita inovasi dari makanan tradisional yang kita sesuaikan dengan nuansa lautan serta di kombinasikan dengan makanan modern

PEMBAHASAN
1.      Pengertian Kewirausahaan
Kewirausahaan atau Wirausaha adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian.

2.      Ide Usaha

Kelompok kami memilih membuat sebuah tempat berkumpul anak muda “nongkrong” yaitu sebuah cafe yang terletak terapung di laut, kita memilih tempat di sekitar kecamatan Puger, Jember. Kami memilih lokasi tersebut karena di wilayah tersebut mudah di jangkau oleh mahasiswa jember dan sekitarnya, tempat tersebut juga dapat di jangkau dengan menggunakan angkutan umum. Kita juga menyediakan sebuah jembatan ataupun perahu kecil yang terletak dari dermaga menuju cafe. Cafe tersebut kita beri nama “Cafe Terapung Impian”. Menu makanan yang kami sajikan merupakan inovasi dari makanan tradisional Gresik, yaitu “Bonggolan”. Bonggolan merupakan makanan yang terbuat dari tepung tapioka dengan campuran ikan. Kita menginovasikan makanan tersebut sesuai dengan kebutuhan modern saat ini, yaitu kita membuat bonggolan dengan berbagai macam bentuk (alphabet, bunga, cinta dsb) dan ikan yaitu (cumi-cumi, tenggiri, tuna, salmon, dll), kita juga menginovasikan saus yang disediakan yaitu berupa saus keju, saus terasi, saus asam manis, sambal matah, sambal teri, sambal kacang, dll. Di cafe terapung kami juga menyediakan minuman yang khas di minum di tengah laut yaitu minuman olahan dari kelapa muda. Cafe terapung impian, dibuka mulai pukul 16.00-00.00.
3.      Modal usaha dan cara memulainya
Kelompok kami memulai usaha cafe terapung dengan cara merintis usaha baru, jadi kami merancang usaha tersebut sendiri. Kita mengawalinya degan membuat sebuah tempat
4.      Pengembangan Usaha
Dalam rangka mengembangkan usaha cafe terapung ini kami akan selalu mengadakan inovasi terhadap tempat dan olahan makanan yang sesuai dengan selera anak muda dan disesuaikan dengan perkembangan zaman agar usaha yang kami dirikan tetap berjalan di era yang selalu berkembang
5.      Strategi pemasaran
Strategi pemasaran dikaji menggunakan analisis SWOT
a.       Strenght (kekuatan)
Usaha yang kami dirikan belum ada dan hal itu sangat sesuai dengan keinginan anak muda saat ini, serta keunikan yang kami tawarkan dalam tempat serta menu makanan.


b.      Weakness (kelemahan)
Tempat yang kami tawarkan berada di laut sehingga kami harus menyesuaikan keadaan alam sekitar agar keselamatan pengunjung tetap aman, karena keamanan dan kenyamanan pengunjung menjadi prioritas kami.
c.       Opportunity (kesempatan)
Peluang yang ada terhadap usaha kami masih sangat mendukung karena inovasi yang kami tawarkan belum ada hingga saat ini serta tempat yang mudah di jangkau oleh seluruh masyarakat.
d.      Treat (ancaman)
Cuaca yang buruk akan menjadi ancaman terhadap keselamatan pengunjung karena kami memanfaatkan tempat di lautan lepas yang langsung berhadapan dengan samudera hindia sehingga ancaman ombak menjadi ancaman terhadap usaha kami.
Solusi atas permasalahan tersebut
Selain kami melakukan inovasi secara berkelanjutan, kami berusaha meminimalisasi resiko terhadap ancaman dan kelemahan terhadap usaha kami, yaitu dengan meletakkan cafe tersebut tidak terlalu jauh dari pesisir pantai agar ombak serta cuaca tidak terlalu mengganggu dan menjadi ancaman bagi pengunjung, dan apabila menurut kami cuaca sangat tidak mendukung cae terebut akan kita tutup sementara. Kita menggunakan perkiraan cuaca yang disebarkan oleh pihak BMKG.
Strategi pemasaran dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini yaitu melalui social media, serta kami juga menawarkan secara offline yaitu menyebarkan pamflet dan selebaran.

PENUTUP
Usaha yang kami dirikan ini merupakan sebuah inovasi dalam bidang kuliner mulai dari tempat dan menu makanannya, karena menurut kami inovasi ini belum ada di mana-mana dan sesuai dengan perkembangan zaman serta perubahan gaya hidup yang terjadi di Indonesia. Cafe terapung ini juga menyajikan pemandangan laut yang indah beserta suguhan Bonggolan yang juga terbuat dari bahan asal dari laut dan minuman segar yang pas untuk dinikmati di tengah-tengah laut yaitu minuman yang berasal dari degan atau kelapa muda.
Selanjutnya harapan kami dari inovasi ini, akan muncul berbagai inovasi-inovasi maupun kreasi-kreasi terbaru lagi dari pikiran para pemuda Indonesia, sehingga akan memberikan warna yang beragam bagi Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dampak adanya Virus Corona Terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat

Dampak adanya Virus Corona Terhadap Kehidupan Sosial Masyaraka t Nama : Nita Purnamasari NIM : 180910302003          Duni...